Manfaat Stem Cell untuk Sembuhkan Penyakit - Seputar Stem Cell

Breaking

Seputar Stem Cell Tali Pusat Bayi

test banner

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, October 31, 2017

Manfaat Stem Cell untuk Sembuhkan Penyakit

Stem Cell atau sel punca adalah sel yang bisa membentuk sel khusus lainnya, seperti sel otot, sel darah merah, dan sel otak. Belakangan, sel punca pun dikembangkan agar dapat menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya demi kelangsungan hidup pasien.
Dikutip dari Medical News Today, sel punca yang memiliki kemampuan penyembuhan bisa dimanfaatkan untuk pengobatan korban luka bakar. Sejumlah ilmuwan melakukan pencangkokan sel punca pada jaringan kulit dari korban luka bakar. Peneliti menemukan bahwa sel punca memiliki potensi yang dapat digunakan untuk membentuk jaringan khusus untuk membentuk lapisan baru.
Tim peneliti dari Massachusetts General Hospital, Boston, Amerika Serikat, juga melakukan percobaan terhadap sel punca. Peneliti menemukan bahwa sel punca mampu menciptakan pembuluh darah baru pada percobaan dengan tikus. Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa sel punca bisa meregenerasi pembuluh darah untuk mengobati pasien dengan penyakit jantung.
Sel punca juga diklaim dapat mengobati pasien Alzheimer dengan menggantikan jaringan otak yang telah rusak. Sel punca dapat membuat kembali sel-sel otak baru dan membuatnya kembali aktif.
Selain itu, sel punca dari sel pankreas bisa bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 1. Sel-sel ini dapat menggantikan sel yang gagal memproduksi insulin. Pada penderita diabates, terapi sel punca bahkan bisa meningkatkan kekebalan tubuh pasien.
Penelitian dari School of Medicine Stanford University dan Montana State Univerist juga menemukan bahwa rekayasa sel punca dari kulit pria dewasa yang tidak subur dapat menghasilkan Sel Induk Benih Embrionik (Embrionic Germ Cells). Dalam kondisi normal, sel ini bisa berubah menjadi sperma yang dapat membantu pria lebih subur. 

Sumber : https://gaya.tempo.co/read/580185/manfaat-stem-cell-untuk-sembuhkan-penyakit

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad